Minggu, 21 November 2010

Final Fantasy XIV Overview

Developer/Publisher : Square-Enix
Platform : Playstation 3, PC
Rilis Date : TBA 2010
Genre : MMORPG
Media : Blue-Ray, DVD
Sutradara : Nobuaki Komoto
Char Desainer : Akihiko Yoshida
Logo Desainer : Yoshitaka Amano
Music Composer : Nobuo Uematsu


THE BEGINNING

Awalnya SE mengenalkan FF XIV dengan kode nama “Rapture” pada bulan agustus tahun 2005. Namun SE tidak menyebutkan bahwa game yang berupa MMORPG itu merupakan sequel FF XI atau game dengan judul FF. Pada tahun 2006-2007, producer FF XI -Hiromichi Tanaka- mengatakan game tersebut sedang dibuat untuk X360 dan PC dan nantinya akan di port ke PS3. 2 tahun kemudian pada event E3 2009, khususnya pada konferensi pers Sony, diumumkan bahwa game tersebut adalah FF XIV -eksklusif untuk PS3 dan PC. Namun Hiromichi mengatakan, adanya kemungkinan untuk dibuat pada X360 juga, tapi SE dan Microsoft belum sepakat dalam beberapa hal sehingga FF XIV tidak memungkinkan untuk di port pada X360 saat ini. FF XIV akan dijadwalkan rilis pada awal tahun 2010 mendatang, secara worldwide.


GAMEPLAY

FF XIV akan mempunyai gameplay yang mirip dengan FF XI, namun tanpa sistem leveling. Sistem tersebut diganti oleh Armory System, yang merupakan gabungan job sistem dan pemakaian senjata. Disini player bisa membuat senjata apapun, dan nantinya senjata tersebut yang akan menentukan job apa yang akan diterima atau dipakai player. Secara dasar, job pada FF XIV dibagi kedalam 4 bagian yaitu, Disciples of War (hebat dalam pertempuran senjata), Disciples of Magic (memakai magic), Disciples of the Land (pengumpul material), Disciples of the Hand (pembuat barang yang berkecimpung pada sintesis dan industri).

Mengenai ras, masih sama dengan FF XI namun dengan perubahan desain dan nama. Ada Hyuran yang mirip manusia, Elezen yang mirip suku Elf, Lalafell yang mirip hobits namun dengan kecerdasan dan kecepatan yang tinggi, Roegadyn yang merupakan suku raksaksa, dan terakhir Miko’te humanoid berbentuk kucing. Dan dari kabar terbaru, SE akan mencoba memperbolehkan user mentransfer nama-nama pemain dari FF XI agar bisa dipakai dalam FF XIV ini.


STORY

Eorzea adalah negri yang selalu mengalami perang saudara, sampai ketika 15 tahun kemudian, sebuah kerajaan misterius bernama Garlean dari timur berniat menyerang ibukota Eorzea –Ala Mhigo. Seluruh negri berniat bersatu untuk melawan Garlean, namun ternyata serangan yang ditunggu-tunggu tersebut tidak pernah terjadi. Hal tersebut mengakibatkan kedamaian pada Eorzea, namun menyisakan banyak tentara dan prajurit bayaran yang tidak mempunyai pekerjaan. Akhirnya mereka bergabung pada satu guild dan memakai satu nama: petualang.

(Soji Seta)


Source : http://ffcrystalesia.com/final-fantasy-xiv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar