Kamis, 11 November 2010

Ayoo main logika

Suatu hari saya sama kawan kawan ingin buka puasa bersama di mall, sungguh sial dompet saya ketinggalan dirumah. Udah jam setengah enam, ga mungkin saya pulang untuk mendapatkan dompet saya kembali. Akhirnya saya memutuskan pinjam uang sama Abi 25rb dan si Amel juga tak luput menjadi korban saya, Amel meminjamkan 25rb. Jadi total hutang saya pas 50rb terhadap mereka. Setelah kami makan di hokb*n ternyata saya hanya menghabiskan 47rb, sisa 3rb. Untuk mengurangi hutang saya, bayar lah uang 1rb ke Abi dan 1rb nya lagi ke Amel sisanya 1rb saya kantongin. Jadi hutang saya ke Abi 24rb dan ke Amel 24rb kemudian dikantong saya 1rb, bila dijumlahkan 24rb+24rb+1rb=49rb….
Loohh?? saya bingung, tadi kan utang saya 50rb??



Bila ditanyakan kepada banyak orang pasti jawaban mereka beraneka ragam, ada yang muter muter kesana kemari jawabannya, ada pun yang bener bener ngaco jawabannya…

Sebelum saya pecahkan masalah ini, saya mau cerita nehh… tepatnya tengah malem,entah dia udah ngantuk atau ngelindur tapi bgini jawabannya….

47 / 2 = 23.5
Sisa 3rb. @ 1rb
24+24=48
50-49=1rb. @ 0.5 di Abi & Amel
24-23.5= 0.5

Aku ga bisa bilang ini salah tapi hasil akhirnya meragukan, karena saya memulangkan uang @ 1rb ke Abi & Amel. Jadi ga ada pecahan 0.5 (atau 500).

Tapi aku jawab ke dia begini…

Gag usah ribet, itu angka 50rbnya gag usah dihiraukan, dia hanya sebagai pengecoh,, jadi intinya td kan ngutang @25rb Abi & Amel total 50rb dikurangi ama 2rb yg dibalikin jadi tinggal 48rb + (1rb uang yang ada dikantong saya)**

**saya kecoh pikirannya, apa bener bener kejebak atau tidak…(ini mengandung perhitungan ganda)

Trus akhirnya saya tanya lagi….

“Sebenernya tadi saya ngutang berapa sih??”

Kata dia…

“Ya 49rb…”

**Stop sampai disini ceritanya…

Aduh aduh,,,berarti nih anak gag mudeng ya… Sebelum menjawab pertanyaan ini mending ikutin dulu sugesti dari saya :
1. Hilangkan yang kalian itung adalah uang, uang dapat menutup mata kita **cya elaahh…
2. Hindari perhitungan duplicate

Dengerin dulu deh cerita dulu waktu saya masih SD. Waktu itu saya punya uang 5rb di tas. Biasanya mamah ngasih uang jajan 3rb per hari. Kebetulan mamah lagi ga ada uang hari itu, kata mamah gini “Ndriee,,,mamah pinjem uang dulu ya buat ongkos kamu, nanti malam mamah ganti..”….Trus sampai disekolah saya gunain uang 3rb yg ada di tas buat jajan, sisanya 2rb buat simpanan. Pas lagi jajan saya mikir hutang mamah kepada saya, ini saya jajan 3rb nanti diganti mamah trus tadi ongkos kan mamah hutang 3rb, jadi 6rb…Ngacoo aja neh ngitungnya!!!hha…Maklum dulu masih kecil…Jadi yang saya hitung tadi itu adalah perhitungan duplicate, kenapa bisa begitu?? Itu karena yang kita hitung adalah uang, jadi kita menghitung semau kita dan maunya untung, tanpa kita sadari…

Ohya pernyataan diatas kenapa terjadi perhitungan ganda? Pikir saja, uang yang dikantong 1rb boleh hasil hutang knp dihitung lagi!!

Menurut saya langsung saja jumlah hutangnya adalah…

**sedang berfikir, hapus saja ingatan kalo itu adalah uang. Tadi kan saya ga bawa uang, di kantong kog bisa ada 1rb dan ditambah tadi makan 47rb…

Jadi 47rb + 1rb = 48 rb..

Hoho hutang saya banyak sekali kan 48rb??ckck…**geje


Story by Andri

1 komentar: