Jumat, 22 Oktober 2010

SQL Plus

SQL Plus merupakan salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melakukan administrasi database. Namun ada syarat yang musti dimiliki yaitu kemampuan untuk menggunakan query SQL. Berikut penulis jelaskan beberapa penggunaan query SQL.

SQL ( Structured Query Language ) merupakan bahasa query yang digunakan untuk mengakses database relasional. SQL sekarang sudah menjadi bahasa database standard dan hampir semua sistem database memahaminya. SQL terdiri dari berbagai jenis statemen. Semuanya didesain agar dia memungkinkan untuk dapat secara interaktif berhubungan dengan database.



Penggunaan SQL pada DBMS ( Database Management System ) sudah cukup luas. SQL dapat dipakai oleh berbagai kalangan, misalnya DBA ( Database Administrator ), progammer ataupun pengguna. Hal ini disebabkan karena :

• SQL sebagai bahasa administrasi database. Dalam hal ini SQL dipakai oleh DBA untuk menciptakan serta mengendalikan pengaksesan database.

• SQL sebagai bahasa query interaktif. Pengguna dapat memberikan perintah-perintah untuk mengakses database yang sesuai dengan kebutuhannya.

• SQL sebagai bahasa pemrograman database. Pemrogram dapat menggunakan perintah-perintah SQL dalam program aplikasi yang dibuat.

• SQL sebagai bahasa klien/server. SQL juga dipakai sebagai untuk mengimplementasikan sistem klien/server. Sebuah klien dapat menjalankan suatu aplikasi yang mengakses database. Dalam hal ini sistem operasi antara server dan klien bisa berbeda.

Di samping hal tersebut diatas SQL juga diterapkan pada internet atau intranet untuk mengakses database melalui halaman-halaman web untuk mendukung konsep web dinamis.



Kelompok Pernyataan SQL

Pernyataan SQL dapat dikelompokkan menjadi 5 kelompok DDL, DML, DCL, pengendali transaksi dan pengendali programatik.

• DDL ( Data Definition Language )

DDL merupakan kelompok perintah yang berfungsi untuk mendefinisikan atribut-atribut database, table, atribut (kolom), batasan-batasan terhadap suatu atribut serta hubungan antar table. Yang termasuk kelompok DDL ini adalah:
CREATE untuk menciptakan table ataupun indeks
ALTER untuk mengubah struktur table
DROP untuk menghapus table ataupun indeks

• DML ( Data Manipulation Language )

Adalah kelompok perintah yang berfungsi untuk memanipulasi data, misalnya untuk pengambilan, penyisipan pengubahan dan penghapusan data. Yang termasuk DML adalah:
SELECT memilih data
INSERT menambah data
DELETE menghapus data
UPDATE mengubah data

• DCL ( Data Control Language )

Berisi perintah-perintah untuk mngendalikan pengaksesan data. Yang termasuk DCL adalah :
GRANT memberikan kendali pada pengaksesan data.
REVOKE mencabut kemampuan pengaksesan data
LOCK TABLE mengunci table

• Pengendali transaksi

Adalah perintah-perintah yang berfungsi untuk mengendalikan pengeksekusian transaksi. Yang termasuk kelompok ini adalah :
COMMIT menyetujui rangkaian perintah yang berhubungan erat yang telah berhasil dilakukan
ROLLBACK membatalkan transaksi yang dilakukan karena adanya kesalahan atau kegagalan pada salah satu rangkaian perintah



Penggunaan Perintah SQL

Berikut ini akan dibahas lebih mendetail mengenai perintah SQL:

DDL kependekan dari Data Definition Language, yaitu perintah yang digunakan untuk menyatakan/mendefinisikan sesuatu. Meliputi perintah untuk membuat, menghapus maupun mengubah. Berikut ini daftar perintah yang termasuk dalam DDL:

• Membuat, mengubah dan menghapus obyek: CREATE, ALTER, DROP

• Mengubah nama skema: RENAME

• Menghapus semua data dalam obyek skema tanpa menghapus struktur obyek skema: TRUNCATE

• Melakukan analisa statistik dari suatu obyek: ANALYZE

• Memberikan atau menghapus role dan previlege: GRANT, REVOKE

• Mengubah nilai audin on atau off: AUDIT, NOAUDIT

• Menambahkan komentar pada kamus database: COMMENT

Perintah DDL ini berlaku untuk semua jenis object database, seperti tablespace, table, view, procedure, function dan sebagainya. Namun masing-masing memiliki sedikit perbedaan pada saat menyatakan beberapa perintah.

DML kependekan dari Data Modification Language, yaitu perintah yang digunakan untuk melakukan manipulasi data. Meliputi menyisipkan data baru, mengubah data, menghapus data, membaca data. Yang termasuk dalam DML adalah:

• Mengambil data dari satu atau lebih tabel atau view: SELECT

• Menambahkan baris baru ke dalam tabel atau view: INSERT

• Mengubah isi data dari suatu baris pada tabel atau view: UPDATE

• Menghapus suatu baris dari tabel atau view: DELETE

• Melihat rencana pelaksanaan perintah SQL: EXPLAIN PLAN

• Mengunci suatu tabel atau view, membatasi sementara akses dari user lain: LOCK

TABLE

DCL kependekan dari Data Control Language, yaitu perintah SQL untuk keperluan pengendalian database. Ada cukup banyak perintah dalam kategori ini. Di sini hanya diberikan dua contoh yang banyak digunakan, yaitu commit dan rollback.



Fungsi

Oracle menyediakan berbagai macam fungsi dasar yang dapat digunakan dalam operasi query, misalkan pada perintah select. Ada dua macam fungsi yang didukung Oracle, Fungsi SQL (builtin) dan user define function. Untuk fungsi SQL, dapat dikategorikan dalam fungsi dengan satu satu baris data dan fungsi dengan satu hasil untuk banyak data.

Fungsi dengan Satu Data Satu Hasil

Yang dimaksud dengan fungsi dengan satu hasil adalah fungsi yang hanya menghasilkan satu baris hasil untuk setiap baris data. Fungsi ini dapat digunakan pada WHERE, START WITH, CONNECT BY.

Bilangan

Fungsi bilangan digunakan untuk menerima data dalam bentuk bilangan dan mengeluarkan hasil juga dalam bentuk bilangan. Kebanyakan dari fungsi ini memiliki ketelitihan sampai 38 digit. Fungsi transcendental COS, COSH, EXP, LN, LOG, SIN, SINH, SQRT, TAN, and TANH memiliki ketelitihan sampai 36 digit. Fungsi transcendental ACOS, ASIN, ATAN, and ATAN2 memiliki ketelitihan sampai 30 digit.

Aggregate

Fungsi aggregate adalah fungsi yang mengolah lebih dari satu baris data menjadi satu hasil. Hasil dari perhitungan dipengaruhi oleh jumlah pengelompokan (GROUP BY) perhitungan. Seandainya dikelompokkan dan terdapat lebih dari satu kelompok, maka jumlah hasilnya sesuai dengan jumlah kelompok yang ada.


DAFTAR PUSTAKA


http://community.gunadarma.ac.id/user/blogs/view/name_fhaa90/id_19856/title_sql-plus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar